Cara mengaktifkan fungsi tombol brightness laptop pada linux ubuntu


Bismillahirrahmanirrahim.

Mungkin bagi pengguna linux ubuntu, khususnya yang memakai laptop sering mengalami masalah saat ingin mengatur level kecerahan monitor menggunakan tombol brightness (biasanya fn + brightness) pada laptop tersebut. meskipun sudah menekan tombol brightness pada keyboard , tetap saja kecerahan layar monitor tidak berubah. biasanya bagi user pemula (termasuk saya sendiri) jika ingin mengubah level kecerahan layar monitor, harus melakunan restart terlebih dahulu. mungkin cara ini sungguh merepotkan. 

Kecerahan layar monitor sangat berpengaruh pada setiap kondisi, apalagi seperti  saya yang biasanya banyak menghabiskan waktu didepan layar monitor. terkadang bisa membuat mata menjadi perih karena layar terlalu terang.

Langsung saja bagaimana cara mengatur agar bisa memungsikan tombol brightness pada laptop . 

  1. Buka terminal ( Biasanya dengan menekan Ctrl+Alt+T)
  2. Cek driver vga laptop dengan mengetikkan perintah "ls /sys/class/backlight/" (tanpa tanda kutip)
  3. Jika menggunakan driver intel maka akan keluar output "acpi_video0 intel_backlight"
  4. buat skrip nengan nama 20-intel.conf dengan mengetikkan perintah " sudo gedit /usr/share/X11/xorg.conf.d/20-intel.conf  ". (Terserah jika ingin menggunakan teks editor lainnya seperti vi, nano dsb.)
  5. Masukkan Skrip berkut 
    Section "Device"
        Identifier "card0"
        Driver   "intel"
        Option   "Backlight" "intel_backlight"
        BusID    "PCI:0:2:0"
    EndSection
    
  6.  simpan skrip lalu log Out untuk mengaktifkan efeknya, tanpa harus melakukan proses restart.
Skrip  diatas hanya berlaku untuk laptop yang memakai vga standar intel. saya belum pernah mencoba untuk vga lain seperti Nvidia ataupun Ato Radeon. kemungkinan cara diatas bisa dikakukan dengan mengganti bagian "intel_backlight" sesuai dengan output yang keluar saat mengecek driver.

Demikian yang dapat saya bagikan untuk kali ini, semoga bermanfaat. terimakasih :)



Post a Comment

1 Comments

  1. Good Work gan , tapi ini permanent engak pass udh di atur cahaya nya pas di shutdown/ restart apa tetap penerangan nya akan sama yng kita atur

    ReplyDelete