Contoh Pemanfaatan Sistem Informasi disekitar Kita


Untuk tugas mata kuliah Sistem Informasi ini saya akan membahas tentang pemanfaatan Sistem Informasi pada perpustakaan UIN SUSKA RIAU. Sistem Informasi Perpustakaan UIN SUSKA RIAU. Dan juga bisa diakses seraca online melalui OPAC (Online Public Access) Library UIN SUSKA RIAU dialamat http://opac.uin-suska.ac.id . Dengan adanya sistem ini jadi memudahkan pengunjung untuk melihat katalog buku yang tersedia pada perpustakaan tersebut, memesan dan memperpanjang masa peminjaman buku, dll.

Mengapa sistem informasi perpustakaan UIN SUSKA Riau diperlukan ?

Seperti yang kita diketahui, tujuan dibuatnya sebuah sistem adalah untuk memudahkan dan mengatur pekerjaan manusia. Untuk sebuah perpustakaan besar yang memiliki banyak buku dan banyak pengunjung, tentunya banyak juga data yang harus diolah. Bayangkan saja jika semua masih menggunakan cara manual, betapa susahnya mahasiswa untuk mencari lokasi rak buku yang mereka cari. Betapa susahnya mehasiswa untuk mengetahui ketersediaan buku yang ingin mereka pinjam, apakah buku itu tersedia atau tidak. Tidak hanya dari pengunjung, akan lebih susah lagi dari pihak Administrasi perpustakaan. Berapa banyak daftar peminjam yang harus dicatat, apalagi untuk menghitung denda jika peminjam terlambat mengembalikan buku, mungkin pihak administrasi perpustakan akan kerepotan mencari berkas peminjaman dan menghitung berapa banyak denda yang dikenakan. Intinya jika tidak ada sistem informasi perpustakaan ini akan mengakibatkan pekerjaan menjadi memakan waktu yang lama dan memungkinkan terjadinya banyak kesalahan kerja.

Apa Manfaat Menggunakan Sistem Informasi untuk Perpustakaan UIN SUSKA Riau ?

Banyak sekali Keuntungan yang didapat dari menggunakan Sistem Informasi perpustakaan ini, diantaranya :

Dari segi Pengunjung
  • Memudahkan pengunjung mencari posisi buku yang dicari, dimanakah rak tempat buku itu berada, apakah buku tersebut tersedia.
  • Memudahkan pengunjung untuk mencari jenis buku berdasarkan jenis buku, jurusan, pengarang, dll.
  • Memudahkan peminjaman, pengembalian , dan perpanjangan masa peminjaman buku yang sudah tersistemasi oleh mesin.

Dari segi Administrasi perpustakaan
  • Memudahkan untuk melihat daftar peminjam yang sedang meminjam buku.
  • Memudahkan untuk mengitung denda jika ada peminjam yang terlambat mengembalikan buku
  • dapat mengetahui mahasiswa jurusan mana yang paling sering mengunjungi dan meminjam buku diperpustakaan.
  • Dapat memudahkan untuk membuat karti bebas pustaka yang datanya bisa diambil dari sistem informasi.
  • Dan mungkin lebih banyak lagi

Hanya itu mungkin yang saya ketahui menurut apa yang saya amati selama ini saat mengunjungi perpustakaan, jika banyak kekurangan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.



Post a Comment

1 Comments

  1. If you're trying hard to lose weight then you absolutely have to get on this brand new tailor-made keto meal plan diet.

    To design this keto diet, licenced nutritionists, personal trainers, and chefs united to produce keto meal plans that are productive, convenient, economically-efficient, and delicious.

    Since their first launch in January 2019, 100's of people have already completely transformed their figure and health with the benefits a professional keto meal plan diet can give.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones provided by the keto meal plan diet.

    ReplyDelete